EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Maleo Senkawor

01 July 2017

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 595 Kali

Deskripsi

Berukuran sedang, dengan panjang sekitar 55cm. Ukuran telur burung maleo beratnya 240 gram hingga 270 gram per butirnya, ukuran rata-rata 11 cm, dan perbandingannya sekitar 5 hingga 8 kali lipat dari ukuran telur ayam.

Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kulit sekitar mata berwarna kuning, iris mata merah kecoklatan, kaki abu-abu, paruh jingga dan bulu sisi bawah berwarna merah-muda keputihan. Di atas kepalanya terdapat tanduk atau jambul keras berwarna hitam.Jantan dan betina serupa.Biasanya betina berukuran lebih kecil dan berwarna lebih kelam dibanding burung jantan.

Maleo Senkawor adalah monogami spesies. Pakan burung ini terdiri dari aneka biji-bijian, buah, semut, kumbang serta berbagai jenis hewan kecil.

Sumber bacaan : www.wikipedia.org

Sumber gambar : www.faunadanflora.com


Maleo Senkawor

---

Spesies:
M. maleo

Nama Local:
Maleo Senkawor

Nama Latin:
Macrocephalon maleo

Habitat:
Maleo bersarang di daerah pasir yang terbuka, daerah sekitar pantai gunung berapi dan daerah-daerah yang hangat dari panas bumi untuk menetaskan telurnya.

Distribusi:
Hutan tropis dataran rendah pulau Sulawesi di Gorontalo (Bone Bolango dan Pohuwato) dan Sulawesi Tengah (Sigi dan Banggai).

Manfaat/Keunikan:
Keunikan: Saat baru menetas anak burung maleo sudah bisa terbang


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph