EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Badak Jawa.

02 July 2017

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 999 Kali

Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya. 

Berkurangnya populasi badak jawa diakibatkan oleh perburuan untuk diambil culanya, yang sangat berharga pada pengobatan tradisional Tiongkok. Berkurangnya populasi badak ini juga disebabkan oleh kehilangan habitat. 

Tempat yang tersisa hanya berada di dua daerah yang dilindungi, tetapi badak jawa masih berada pada risiko diburu, peka terhadap penyakit dan menciutnya keragaman genetik menyebabkannya terganggu dalam berkembangbiak.

Badak jawa adalah hewan herbivora dan makan bermacam-macam spesies tanaman, terutama tunas, ranting, daun-daunan muda dan buah yang jatuh. Kebanyakan tumbuhan disukai oleh spesies ini tumbuh di daerah yang terkena sinar matahari.

Sumber bacaan : www.wikipedia.org

Sumber gambar : https://news.idntimes.com/indonesia/rosa-folia/google-rayakan-ulang-tahun-taman-nasional-ujung-kulon


---

Spesies:
R. sondaicus

Nama Local:
Badak Jawa.

Nama Latin:
Rhinoceros sondaicus

Habitat:
Hutan hujan dataran rendah, padang rumput basah dan daerah daratan banjir besar atau daerah basah dengan banyak kubangan lumpur.

Distribusi:
Taman Nasional Ujung Kulon di ujung barat pulau Jawa dan Taman Nasional Cat Tien yang terletak sekitar 150 km sebelah utara Kota Ho Chi Minh.

Manfaat/Keunikan:
Keunikan : Kulitnya memiliki pola mosaik alami yang menyebabkan badak memiliki perisai.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph