EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Srigunting Bukit

05 July 2017

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 1471 Kali

Berukuran agak besar dengan panjang tubuh dari kepala ke ekor (tanpa ekor terpanjang) mencapai 26 cm. Hampir seluruh bulunya berwarna hitam mengkilat. Ekornya memiliki sepasang bulu yang sangat panjang, pada ekor terluar, dengan semacam bulu raket pada ujung ekornya. Di atas paruhnya terdapat seberkas bulu-bulu pendek yang membentuk seperti punggungan. Iris mata berwarna merah, sedangkan paruh dan kaki berwarna hitam. 

Makanan utama burung ini adalah berbagai jenis serangga kecil seperti belalang, jangkrik, capung, hingga kumbang, meskipun terkadang juga memakan buah-buahan. 

Srigunting Bukit, termasuk burung pemberani terutama dalam mempertahankan wilayahnya sehingga tidak sungkan-sungkan mengusir burung lain yang dianggap mengganggu. Bahkan burung ini berani melawan burung-burung pemangsa yang lebih besar dan kuat seperti gagak dan elang.

Sumber bacaan : https://alamendah.org/2014/09/29/srigunting-bukit-dicrurus-remifer-burung-berekor-raket/ dan Buku burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan.

Sumber gambar : http://www.timkicau.com/2015/04/download-mp3-suara-burung-srigunting-bukit.html


Srigunting Bukit

---

Spesies:
D. remifer

Nama Local:
Srigunting Bukit

Nama Latin:
Dicrurus remifer

Habitat:
Mendiami hutan-hutan yang rapat, hutan sekunder dan pinggir hutan.

Distribusi:
Sumatera dan Jawa

Manfaat/Keunikan:
Keunikan : Ekornya memiliki sepasang bulu yang sangat panjang, pada ekor terluar, dengan semacam bulu raket pada ujung ekornya.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph