EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Anggrek Hitam

08 July 2017

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 721 Kali

Dinamakan anggrek hitam karena anggrek ini memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Sepal dan petal berwarna hijau muda. Bunganya cukup harum semerbak dan biasa mekar pada bulan Maret hingga Juni.

Pada umumnya, anggrek hitam mempunyai daun mahkota yang berbentuk lancip. Mempunyai panjang garis tengah sekitar 10 cm dan kuntum bunga yang mencapai lebih dari 14. Anggrek hitam memiliki kelopak yang berbentuk lancip dengan panjang mencapai 5 cm.

Anggrek hitam Kalimantan merupakan jenis anggrek epifit simpodial, yaitu tanaman yang tumbuh menempel pada tumbuhan/batang pohon lain yang memiliki pertumbuhan batang yang terbatas. Biasa tumbuh di batang pohon yang rebah. Tanaman anggrek ini hidup berumpun di masing-masing tanaman. Dalam satu rumpun, tanaman ini akan membentuk akar tinggal yang saling terhubung satu dengan yang lainnya.

 

Sumber bacaan : https://id.wikipedia.org/wiki/Anggrek_hitam dan http://borneochannel.com/anggrek-hitam-kalimantan/

Sumber gambar : https://hanifirza97.wordpress.com/2013/11/11/anggrek-hitam/


Anggrek Hitam

---

Spesies:
C. pandurata

Nama Local:
Anggrek Hitam

Nama Latin:
Coelogyne pandurata

Habitat:
Hutan primer yang memiliki kadar kelembaban yang cukup tinggi. Tumbuh di dataran rendah pada pohon-pohon tua, di dekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas dan dekat sungai-sungai di hutan basah.

Distribusi:
Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera.

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph