EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Ajang Kelicung

09 July 2017

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 929 Kali

Ajang kelicung ialah tumbuhan khas Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat. Keberadaan ajang kelicung di Nusa Tenggara Barat saat ini sudah hampir punah. 

Pohon ajang kelicung dapat mencapai tinggi 46 meter dengan diameter batang 60 meter.Kulit pohon ajang kelicung berwarna merah coklat dan kayunya berwarna putih bersih. Ajang kelicung termasuk tanaman dengan batang bercabang, cabang tanaman ini antara 9 sampai 30 meter.Bagian batang kadang-kadang juga tumbuh akar papan dengan panjang mencapai satu setengah meter.

Daun ajang kelicung berbentuk bulat memanjang atau jorong. Permukaan daun berwarna hijau dan bagian bawah daun terdapat bulu-bulu halus. 

Bunga ajang kelicung berwarna putih serta memiliki bau yang harum. Buah ajang kelicung berbentuk agak bulat, berwarna kemerah-merahan.

Sumber bacaan : https://id.wikipedia.org/wiki/Ajang_kelicung#cite_note-a-1

Sumber gambar : https://id.wikipedia.org/wiki/Ajang_kelicung


Ajang Kelicung

---

Spesies:
D. macrophylla

Nama Local:
Ajang Kelicung

Nama Latin:
Diospyros macrophylla

Habitat:
Daerah tepi sungai, dengan tanah datar tetapi tidak tergenang air. Tanaman ini juga hidup di daerah dengan tanah liat, tanah masir, dan berbatu yang ada di hutan asli. Hidup pada ketinggian 5 sampai 800 meter di atas permukaan laut.

Distribusi:
Tersebar hampir ke seluruh pulau besar di Indonesia yaitu ke Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph