EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Kamboja

13 July 2017

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Winda Alvianita

Dibaca: 470 Kali

Kamboja memiliki habitus pohon dengan tinggi 1,5-6 m. Bunganya memiliki harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih bercampur dengan warna kuning, biasanya lima helai mahkota (Corolla). Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib.

Kamboja memiliki daun yang tidak lengkap karena daunnya hanya memiliki tangkai daun (petiolus) dan helaian daun (lamina) tanpa memiliki upih daun (vagina).
Bangun daun (circumscriptio) berbentuk sudip (spathulatus), dikatakan sudip karena seperti bangun bulat telur, tepi daun (margo folii) rata (integer), ujung daun (apex folii) tumpul (obtusus) karena pada tepi daun yang semula masih agak jauh dari ibu tulang, cepat menuju ke suatu titik pertemuan, hingga terbentuk sudut yang tumpul (lebih besar dari 90°)

ada bagian pangkal (basis folii) runcing (acuminatus), pangkal daun ini biasanya terdapat pada daun bangun memanjang, lanset dan belah ketupat, permukaan daun licin.
suram (laevis apacus), susunan tulang daun menyirip, dikatakan menyirip karena mempunyai satu ibu tulang yang berjalan dari pangkal ke ujung, dan merupakan terusan tangkai daun, dari ibu tulang daun ini ke samping keluar tulang-tulang cabang.

 


Kamboja

---

Spesies:
P. Acuminata

Nama Local:
Kamboja

Nama Latin:
Plumeria Acuminata

Habitat:
Tumbuh di dataran rendah

Distribusi:
Amerika, Asia Timur, Asia Tenggara, Afrika

Manfaat/Keunikan:
Mengobati bisul, mengatasi bengkak, mengobati sakit gigi berlubang, mengobati kencing nanah, menhilangkan tahi lalat dan kutil.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph