EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Pohon Mahoni

25 July 2017

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Winda Alvianita

Dibaca: 801 Kali

Tanaman mahoni merupakan tanaman tahunan, dengan tinggi rata-rata 5-25 m (bahkan ada yang mencapai lebih dari 30 m), berakar tunggang dengan batang bulat, percabangan banyak, dan kayunya bergetah.

Daunnya berupa daun majemuk, menyirip genap, helaian daun berbentuk bulat telur, ujung dan pangkal daun runcing, tepi daun rata, tulang menyirip dengan panjang daun 3 – 15 cm. Daun yang masih muda berwarna merah dan setelah tua berubah menjadi hijau.

Bunga tanaman mahoni adalah bunga majemuk, tersusun dalam karangan yang keluar dari ketiak daun. Ibu tangkai bunga silindris, berwarna coklat muda. Kelopak bunganya lepas satu sama lain dengan bentuk menyerupai sendok, berwarna hijau. Mahkota bunga silindris, berwarna kuning kecoklatan. Benang sari melekat pada mahkota. Kepala sari berwarna putih/kuning kecoklatan. Tanaman mahoni ini baru akan berbunga setelah usia 7 atau 8 tahun. Setelah berbunga, tahap selanjutnya adalah berbuah.

Buah mahoni merupakan buah kotak dengan bentuk bulat telur berlekuk lima. Ketika buah masih imut berwarna hijau, dan setelah besar berwarna coklat. Di dalam buah terdapat biji berbentuk pipih dengan ujung agak tebal dan warnanya coklat kehitaman.

 

Sumber bacaan

http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-pohon-mahoni/

http://www.akar-media.com/pohon-mahoni/

https://deslisumatran.wordpress.com/2015/03/23/mahoni-swietenia-mahagoni-l-jacq/

Sumber gambar

https://www.tamantanaman.com/produk/mahoni/


Pohon Mahoni

---

Spesies:
S. macrophylla

Nama Local:
Pohon Mahoni

Nama Latin:
Swietenia macrophylla

Habitat:
Tanaman mahoni ini merupakan tanaman tropis dan banyak ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di pasir payau dekat dengan pantai

Distribusi:
Hindia Barat dan Asia

Manfaat/Keunikan:
Tanaman ini dapat juga bermanfaat untuk kehidupan diantaranya dapat mengurangi polusi udara dan juga akan membantu mengikat air dengan baik. Tanaman ini juga merupakan salah satu tanaman herbal yang dapat mengatasi dan mengobati berbagai penyakit diantaranya : melancarkan peredaran darah, menurunkan atau mengurangi kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh dan juga lainnya


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph