EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Bunga Rafflesia, Bunga Bangkai

04 December 2019

Katalog Kategori: Tumbuhan

Penulis: Brina Wanda Pratiwi

Dibaca: 502 Kali


Bunga Rafflesia, Bunga Bangkai

---

Spesies:
Rafflesiaceae

Nama Local:
Bunga Rafflesia, Bunga Bangkai

Nama Latin:
Rafflesia arnoldii

Habitat:
Persebaran dan habitat raflesia tersebar di hutan pegunungan bawah Jawa Barat, hutan dataran rendah di sepanjang pantai selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah hutan dataran rendah Taman Nasional Meru Betiri, serta hutan tropis di Pulau Sumatera. Beberapa lokasi yang sering ditemui tumbuh bunga Rafflesia arnoldii antara lain di Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Pusat Pelatihan Gajah Seblat di kabupaten Bengkulu Utara, dan Padang Guci Kabupaten Kaur, Bengkulu. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan sendiri telah ditetapkan sebagai pusat konservasi tumbuhan ini. Hingga saat ini bunga raflesia belum berhasil dikembangbiakkan di luar habitat aslinya.

Distribusi:
Indonesia mempunyai kekayaan Rafflesia yang paling banyak di dunia. Dari 25 jenis yang tercatat saat ini, 12 diantaranya berasal dari Indonesia diantaranya berada di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan.

Manfaat/Keunikan:
Keunikan dari bunga ini adalah Bunganya Besar, warnanya merah yang dapat memikat semua orang bahkan binatang. Bunga ini merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga Rafflesia ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga tersebut dapat menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma. Bunga Rafflesia mempunyai lima daun mahkota yang mengelilingi bagian yang terlihat seperti mulut gentong. Di dasar bunga terdapat bagian seperti piringan berduri, berisi benang sari atau putik bergantung pada jenis kelamin bunga, jantan atau betina. Hewan penyerbuk adalah lalat yang tertarik dengan bau busuk yang dikeluarkan bunga.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph