EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Owa Jawa

03 May 2020

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Willy Agustin

Dibaca: 270 Kali

Owa jawa merupakanprimata yang tidak memiliki ekor dan tangannya relatif lebih panjang dibandingkan dengan besar tubuhnya. Tangan yang panjang ini dipergunakannya buat berayun dan berpindah dari suatu dahan ke dahan lainnya. Warna tubuhnya keabu-abuan, dengan sisi kepala lebih gelap.

Sumber.Dokumentasi pribadi, 2019

Perilaku Owa jawa hidup dalam kelompok-kelompok kecil, biasanya terdiri dari pasangan hewan jantan dan betina dan memiliki anak yang sedikit. Hewan ini termasuk hewan monogami. Biasanya siklus melahirkan owa betina sebanyak sekali dalam tiap tiga tahun, dengan masa mengandung selama 7 bulan. Setelah anaknya lahir, owa jawa betina dewasa akan menyusui anaknya hingga usia 18 bulan, dan hidup bersama sampai anaknya dewasa dan memisahkan diri untuk mencari pasangannya sendiri. Owa jawa merupakan hewan diurnal dan arboreal. Hewan ini sepenuhnya hidup di tajuk pepohonan serta memakan buah-buahan, daun dan bunga-bungaan.

Penyebaran Owa jawa dapat didapati di bagian barat Pulau Jawa, yakni di hutan-hutan dataran rendah dan hutan pegunungan bawah. Penyebaran bagian timur terdapat di wilayah gunung slamet serta di jajaran pegunungan dieng.

Klasifikasi

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Ordo: Primates

Famili: Hylobatidae

Genus: Hylobates

Spesies: Hylobates Moloch


Owa Jawa

---

Spesies:

Nama Local:
Owa Jawa

Nama Latin:
Hylobates Moloch

Habitat:

Distribusi:

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph