EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Dara Mahkota Biru Cristata

03 May 2020

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Willy Agustin

Dibaca: 311 Kali

Goura cristata, adalah salah satu spesies Dara mahkota yang merupakan kerabat merpati.Burung berwarna biru keabu-abuan ini berukuran cukup besar dengan ciri khas mahkota seperti renda di atas kepalanya serta bulu gelap di sekitar matanya. Baik jantan maupun betina memiliki ukuran dan bentuk yang sama, akan tetapi jantan biasanya berukuran lebih besar. Ukuran rata-ratanya adalah panjang 70 cm.

      

Sumber.Dokumentasi pribadi, 2019

Ciri-ciri : Memiliki bentuk paling besar jika dibandingkan kerabat-kerabatnya. Warna bulu sayapnya kesemuanya hampir abu – abu kebiruan. Selain bagian sayap sekundernya yang warnanya abu -abu muda. Selain itu warna merah kecoklatan hampir mewarnai semua bagian tubuhnya, kecuali dada dan ujung sayapnya.

Perilaku            

Burung Dara Mahkota memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 80 cm. Sehari – hari juga hidup diatas permukaan tanah, kecuali pada saat malam hari, saat matahari terbenam. Ketika pagi hari mereka kembali melanjutkan kegiatannya kembali. Hal ini juga termasuk ciri khas mekanisme kehidupan burung yang sejenisnya, supaya bisa terhindar dari ancaman binatang buas.

Makanan            

Makanan burung ini sangat bervariasi, seperti halnya buah-buahan semak, kacang-kacangan, jenis biji-bijian dan jenis makanan lainnya. Diantaranya pepaya, pisang, beras merah, ketan hitam. Bisa juga makan cacing dan ulat.

Penyebaran

Dara Mahkota Biru Cristata adalah hewan endemik Papua Indonesia, karena hanya ditemukan di hutan hujan dataran rendah di bagian barat Pulau Papua di wilayah Indonesia; jenis lain Mambruk menghuni bagian lain dari pulau ini. 

Klasifikasi

Kingdom: Animalia

Kelas: Aves

Ordo: Columbiformes

Famili: Coulmbidae

Genus: Goura

Spesies: Pelecanus conspicillatus


Dara Mahkota Biru Cristata

---

Spesies:

Nama Local:
Dara Mahkota Biru Cristata

Nama Latin:
Pelecanus conspicillatus

Habitat:

Distribusi:

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph