EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Lutung Budeng

03 May 2020

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Willy Agustin

Dibaca: 348 Kali

Lutung Budeng adalah sejenis lutung yang rambutnya berwarna hitam legam. Monyet anggota suku Cercopithecidae ini menyebar terbatas di Indonesia bagian barat Lutung berukuran sedang, dengan panjang kepala dan tubuh antara 46-75 cm. Lutung budeng memiliki rambut tubuh berwarna hitam.

Sumber.Dokumentasi pribadi, 2019

Ciri-ciri: Lutung ini memiliki ekor yang panjang, antara 61-82 cm. Jantan dan betina dewasa umumnya berwarna hitam, dengan betina memiliki warna putih kekuningan di sekitar kelaminnya. Anak lutung memiliki rambut tubuh berwarna jingga keemasan.

Perilaku            

Lutung budeng adalah hewan diurnal, yakni aktif pada waktu siang hari di atas pepohonan. Lutung budeng hidup berkelompok, yang dalam satu kelompoknya terdiri dari sekitar tujuh ekor lutung, termasuk satu atau dua ekor lutung jantan dewasa. Lutung betina biasanya hanya mempunyai satu anak setiap kali melahirkan dan saling bantu membesarkan anak-anak lutung.

Makanan            

Makanan pokoknya terdiri dari tumbuh-tumbuhan. Memakan dedaunan, buah-buahan dan bunga. Spesies ini juga memakan larva serangga.

Penyebaran              

Trachypithecus auratus. Menyebar di Jawa Barat bagian timur hingga ke Jawa Timur, Pulau Sempu dan Nusa Barung, Bali, serta Lombok.

Klasifikasi

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Ordo: Primates

Famili: Cercopithecidae

Genus: Trachypithecus

Spesies: Trachypithecus auratus


Lutung Budeng

---

Spesies:

Nama Local:
Lutung Budeng

Nama Latin:
Trachypithecus auratus

Habitat:

Distribusi:

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph