EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Pelikan Timor

03 May 2020

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Willy Agustin

Dibaca: 297 Kali

Burung pelikan merupakan burung air yang terdiri dari 8 spesies di dunia. Di Indonesia, burung pelikan ada 3 spesies namun burung pelikan yang sering dijumpai adalah Pelikan Australia atau Undan Kacamata dengan nama ilmiah Pelecanus conspicillatus

 

Sumber.Dokumentasi pribadi, 2019

Ciri-ciri

Ciri fisik burung pelikan yakni memiliki ukuran sangat besar yaitu panjang tubuh 106 cm, lebar bentang sayap maksimum 1,83 m. Bulu didominasi warna putih dan sayap berwarna hitam. Berat tubuh antara 4 – 13 kg. Iris mata berwarna coklat, dan kaki berwarna biru redup. Warna paruh merah muda atau kuning dan memiliki kantung paruh. Fungsi paruh burung pelikan tersebut untuk mencari ikan.

Perilaku

Habitat burung pelikan menyukai kawasan di perairan tawar dan asin, danau, waduk, rawa dan sungai. Pada umumnya berkelompok namun kadang dijumpai sendirian. Bersarang secara berkelompok. Jumlah telur 1-4 butir (umumnya 2 butir) dengan ukuran 93 mm x 57 mm. Makanan utama burung ini adalah ikan. Burung ini mencari makan dengan cara menyelamkan kepalanya sambil berenang di atas permukaan air. Burung ini bekerja secara berkelompok dengan membentuk barisan untuk menggiring ikan ke tempat yang dangkal. Terkadang burung ini juga dijumpai mencari makan sendirian.

Penyebaran

Asal burung pelikan tersebut berasal dari Australia dan Tasmania. Burung ini juga tersebar meluas ke utara, hingga ke Papua serta ke Indonesia bagian barat dan Pasifik bagian barat daya. Pada waktu musim dingin, mereka berkunjung sampai Jawa dan Sumatera.  

 

Klasifikasi

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Pelecaniformes

Famili: Pelecanidae

Genus: Pelecanus

Spesies: Pelecanus conspicillatus


Pelikan Timor

---

Spesies:

Nama Local:
Pelikan Timor

Nama Latin:
Pelecanus conspicillatus

Habitat:

Distribusi:

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph