EN | ID
Ingat saya
KATALOG

Ara Merah Sayap Hijau

03 May 2020

Katalog Kategori: Hewan

Penulis: Willy Agustin

Dibaca: 330 Kali

Macaw dikenal sebagai parrot berukuran besar, dimana jenis hyacinth adalah macaw yang paling panjang yaitu bisa mencapai 40 inchi (± 1 meter). Macaw memiliki bulu ekor yang panjang dan juga paruhnya yang panjang dan kuat, yang secara anatomis memang didesain agar dapat digunakan untuk memecah kulit kacang yang keras. Macaw memiliki ciri khas yaitu warna yang cerah dan beraneka warna sesuai jenisnya.

 

Sumber.Dokumentasi pribadi, 2019

Habitat

Hutan dataran rendah, daerah savana, hutan primer, daerah pantai, pegunungan, perkebunan, dan hutan hujan tropis. Macaw bukanlah burung asal Indonesia. Habitata alami burung macaw adalah hutan-hutan di wilayah Amerika bagian Utara (Mexico), Tengah dan Selatan. Wilayah Karibia juga merupakan habitat alami dari macaw Cuban (Ara tricolor) dan macaw Saint Croix (Ara autochthones). Penyebaran: Maluku, Nusa Tenggara, Tanimbar, Irian, Australia

Tingkah Laku

Macaw adalah burung yang berukuran besar, termasuk memiliki suara yang besar dan lebih lantang. Macaw adalah burung yang lincah, cerdas dan sangat ramah. Macaw cenderung suka menggigit, terutama mainan yang terbuat dari kayu. Hal ini dilakukan guna mengasah kekuatan paruh serta bentuk interaksinya. Macaw termasuk burung yang ramah terhadap manusia. Kelemahan macaw adalah burung yang cepat bosan, oleh karena itu memberikan mainan yang cukup dan habitat yang menarik untuk selalu bermain dapat membantu agar macaw tidak cepat bosan. 

Suara: Macaw yang besar juga memiliki suara yang lantang dan bisa memekik kencang. Macaw termasuk kedalam talking bird, meskipun tak sebaik Amazon atau African grey, dapat mengerti dan menirukan beberapa kata yang diajarkan kepadanya.    

Pakan: Buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, buah beri, pucuk daun dan bunga

Perawatan

Macaw membutuhkan sangkar yang cukup tinggi untuk mencegah ekornya mencapai dasar lantai kandang/tertekuk, dimana hal ini bisa menyebabkan kerusakan atau patah pada bulunya. Macaw memerlukan kandang yang lebih luas dengan tangkringan yang kuat dibandingkan jenis parrot lainnya (menyesuaikan ukuran tubuhnya yang besar). Di habitat aslinya, macaw adalah burung yang bisa memakan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, bunga dan nectar bunga, serta beberapa jenis daun-daunan.

Perkembangbiakan Musim kawin Agustus – November, bertelur 2 butir, dierami selama 20-28 hari.

Klasifikasi:

Kelas: Aves

Bangsa: Psittaciformes

Suku: Psittacidae

Marga: Ara

Jenis: Ara chloropterus


Ara Merah Sayap Hijau

---

Spesies:

Nama Local:
Ara Merah Sayap Hijau

Nama Latin:
Ara chloropterus

Habitat:

Distribusi:

Manfaat/Keunikan:


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph