EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Jambu Bol Manis, Kerabat Jambu Air

21 July 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 73 Kali

Jambu Bol Manis, Kerabat Jambu Air

Jambu air memiliki kerabat dekat yang tidak kalah lezat. Namanya jambu bol. Sekilas buahnya mirip dengan jambu air, berbentuk lonceng dan berwarna merah gelap. Keduanya memang tergolong dalam genus yang sama yaitu Syzygium tetapi spesiesnya berbeda. Jambu air adalah S. aqueum sedangkan jambu bol S. malaccense.


Daerah Asia Tenggara merupakan wilayah persebaran jambu bol. Sehingga dia termasuk buah asli Indonesia karena tumbuh alami di Sumatera dan Jawa. Lain dengan jambu air yang dibudidayakan dan dijual di pasaran, jambu bol biasanya menjadi tanaman rumah dan dikonsumsi sendiri. Tidak heran kalau sulit dicari.


Gambar jambu bol yang dibelah

Soal rasa mirip dengan jambu air. Hanya saja tanpa rasa masam dan lebih manis. Biasanya dimakan sebagai buah atau dibuat rujak. Ada juga yang mengolahnya menjadi sirup.

Baca juga: Sirup Buah tapi Rasa Cola?


Bagian daun dan kulit batang sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat kandungan antibiotik pada bagian tersebut. Bisa juga dimanfaatkan sebagai pewarna alami cokelat kemerahan yang didapat dari akar atau kulit batangnya.

Referensi: ThefernsWikipediaWikipedia 2


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph