EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Jangan Masukkan Pisang ke Kulkas, Dia akan Jadi Buruk Rupa

17 March 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 97 Kali

Jangan Masukkan Pisang ke Kulkas, Dia akan Jadi Buruk Rupa

Suhu dingin dalam kulkas menjaga kesegaran buah agar mereka tidak cepat memebusuk dan bisa dikonsumsi untuk waktu lebih lama. Tetapi tidak semua buah baik disimpan di kulkas, salah satunya adalah pisang.

Termasuk ke dalam buah tropis, pisang sangat sensitif terhadap suhu dingin. Berada pada suhu dingin bisa membuat pisang mengalami cedera dingin yang ditunjukkan oleh warna kulit bagian bawah permukaan kulit menjadi gelap, coklat kehitaman. Penyimpanan pisang pada suhu 14.4°C selama beberapa jam, sudah mulai menunjukkan cedera dingin. Apalagi di dalam kulkas yang memiliki kisaran suhu antara 3.3°C - 5°C, terlalu dingin untuk pisang.

Gambar lapisan kulit pisang yang mengalami cedera dingin (Kredit foto: Don Edwards, UC Davis/http://postharvest.ucdavis.edu)

Baca juga: Ini dia "Leluhur" dari Segala Pisang yang Kamu Makan

Suhu dingin akan merusak dinding sel kulit pisang dan mengaktifkan enzim polifenol oksidase (PPO) yang mengkatalisis reaksi kimia perubahan warna. PPO dengan bantuan oksigen merubah fenol menjadi o-quinon yang termasuk molekul sangat reaktif. O-quinon akan membentuk polifenol, struktur molekul besar yang memberi warna merah, coklat, atau hitam pada kulit. Struktur ini juga kita sebut dengan melanin.

Selain perubahan warna kulit, suhu dingin juga menghilangkan aroma dan kandungan vitamin C pisang. Sehingga tidak hanya tampak gelap jelek, pisang yang disimpan di kulkas akan kehilangan nutrisi dan tak terasa enak.

 

Referensi: independentfoodcrumblesbestfoodfacts

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph