EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Kapan Kambing Mulai Diternakkan?

17 August 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 100 Kali

Kapan Kambing Mulai Diternakkan?


Meski banyak orang bilang dia berbau tidak sedap, kambing telah lama menjadi salah satu sumber utama protein hewani manusia. Awal kambing didomestikasi adalah akhir zaman batu baru, sekitar 10.000 tahun sebelum masehi. Kambing yang diternakkan saat ini berasal dari penjinakan tiga jenis kambing liar yaitu bezoar goat atau kambing liar eropa (Capra aegagrus), kambing liar India (Capra aegagrus blithy), dan makhor goat atau kambing makhor di pegunungan Himalaya (Capra falconeri).


Kambing yang diternakkan di Asia termasuk Indonesia, sebagian besar berasal dari domestikasi kambing liar eropa (C. aegagrus). Setelah melewati waktu ribuan tahun, kambing yang diternakkan di daerah baru berevolusi untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Sehingga bila dibandingkan, akan terlihat perbedaan dengan kambing liar ataupun antar varietas kambing.

Baca juga: Keberadaan Kambing Hutan Sumatera


Indonesia memiliki delapan spesies kambing lokal yaitu marica, samosir, muara, kosta, gembrong, peranakan ettawah, kacang, dan benggala. Jenis yang dominan diternakkan adalah kambing kacang serta ettawah. Kambing yang pertama masuk ke Indonesia adalah jenis kacang sekitar tahun 1900-an, baru kemudian disusul introduksi jenis ettawah. Jenis kambing lokal lainnya merupakan hasil persilangan kacang/ettawah maupun hasil adaptasi karena isolasi daerah.

Referensi: Balitbang PertanianWikipediaIWTO

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph