EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Kasih Sayang Ibu Orangutan

04 December 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 147 Kali

Kasih Sayang Ibu Orangutan

Tidak berhenti sampai si anak bisa mencari makan sendiri, ibu orangutan terus mengasuh anaknya hingga hampir dewasa. Orangutan betina dewasa hanya akan memiliki anak kembali setelah berhenti mengasuh anak yang sebelumnya. Yaitu setelah sekitar delapan tahun. Kasih sayang sang ibu begitu kuat bahkan sampai anak-anaknya mulai dewasa.


Hanya betina yang mengasuh anak. Jantan tidak memiliki peran langsung dalam proses pengasuhan. Si ibu akan lima tahun menggendong dan sampai delapan tahun menyusui anaknya. Lalu bisa sampai sepuluh tahun tinggal bersama. Jika anaknya betina, si anak bahkan akan sering menjenguk ibunya hingga dia mulai dewasa pada umur 15-16 tahun.


Ibu orangutan sangat menyayangi anaknya dan rela berkorban nyawa untuk selamatkan anak dari bahaya. Maka ketika pemburu menangkap bayi orangutan, mereka harus menghadapi si ibu dan membunuhnya agar bisa membawa bayi. Kondisi ini memperburuk populasi orangutan. Sebab mereka tidak hanya kehilangan penerus keturunan, tetapi juga calon orangutan-orangutan lain yang akan dilahirkan oleh si ibu.

Referensi: national geographicorangutan


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph