EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Kecantikan dan Keunikan Bungan Asoka

06 March 2020 kategori Jurnal

Penulis: Larasati Nurul Innayah

Dibaca: 51 Kali

Pohon asoka adalah pohon yang dianggap suci oleh agama hindu. Pohonnya akan mengeluarkan harum pada malam hari di bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon tanaman ini sering diasosiasikan dengan cinta dan kesucian. Di Indonesia, dikenal dua jenis bunga asoka, yakni pohon asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Biasanya tanaman ini digunakan untuk penghijaun maupun tanaman hias. Orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api.

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Familia : Caesalpiniaceae
Ordo : Fabales
Genus : Saraca
Spesies : Saraca Indica

Bunga Asoka ini merupakan salah satu jenis bunga yang di anggap suci oleh panganut agama Hindu yang bermukim di India.

Dengan kecantikan dan keunikan bunga ini, banyak masyarakat yang menyenangi dengannya. Maka anda jangan heran kalau Asoka cepat sekali penyebaran di berbagai daerah, mulai dari India hingga ke Indonesia. Tanaman Asoka juga merupakan salah satu jenis bunga memerlukan sinar matahari yang penuh, untuk pembungaan. Tahukah anda, ternyata bunga Asoka ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Dan ini adalah beberapa manfaat dari bunga Asoka untuk kesehatan tubuh kita, di antaranya

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi
  2. Mengobati luka memar
  3. Mengatasi wasir
    Inilah cerita saya hari ini tentang bunga jarum atau bunga Asoka, oh ya saya hampir lupa Asoka di ambil dari bahasa sansekerta yang artinya kesucian.

Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph