EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Kehidupan Orangutan Tapanuli Terancam Pembangunan Bendungan

15 August 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 168 Kali

Kehidupan Orangutan Tapanuli Terancam Pembangunan Bendungan

Hutan Batang Toru di Sumatera merupakan salah satu pusat keanekaragaman hayati di Indonesia . Hutan tersebut merupakan rumah bagi berbagai spesies langka seperti harimau sumatera (Panthera tigris), trenggilling (Manis javanica), serta orangutan tapanuli (Pongo tapanuliensis) yang merupakan orangutan terlangka di dunia. Kini habitat mereka terganggu akibat pembangunan bendungan pembangkit listrik tenaga air seluas 650 hektar.

Bendungan ini dijadwalkan akan beroperasi pada tahun 2022. Infrastruktur pendukung seperti jalan, saluran listrik, dan terowongan sepanjang 8 mil pun akan dibangun. Hutan mulai ditebang di wilayah dengan kepadatan populasi orangutan tertinggi. Mereka kini terhalang untuk tinggal di atas pohon dan habitat mereka pun terpecah.

Orangutan tapanuli termasuk hewan yang beregenerasi dengan lambat. Betinanya akan melahirkan keturunan pertama di usia 15 tahun. Setelah itu ia akan melahirkan kembali setiap delapan atau sembilan tahun. Hal ini menyebabkan orangutan tapanuli yang baru saja ditemukan di tahun 2017 kini diambang kepunahan.

 

Sumber:

http://nationalgeographic.grid.id/read/13917606/pembangunan-bendungan-ancam-kehidupan-orangutan-tapanuli-yang-langka


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph