EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Keunikan Putri Malu

18 April 2017 kategori Jurnal

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 710 Kali

 

Putri malu atau Mimosa pudica merupakan perdu pendek yang termasuk ke dalam anggota suku polong-polongan, dimana tanaman ini selalu menutup daunnya ketika disentuh. Alasan mengapa daun tanaman putri malu ini selalu mengatup atau layu ketika disentuh yaitu karena bagian tertentu dari sel tanaman yang satu ini kehilangan tugornya. Tekanan tugor yang dimaksud yakni tekanan yang terjadi pada dinding-dinding sel oleh air yang berada pada vakuola atau lubang sel dan isi sel yang lainnya.

Jadi pada saat tanaman putri malu ini mendapatkan rangsangan dari luar, maka bagian tertentu dari batangnya akan terstimulasi untuk melepaskan zat kimia tertentu termasuk juga ion potasium yang membuat air keluar dari lubang sel atau vakuola, serta air berdifusi keluar sel, sehingga dengan begitu akan menyebabkan hilangnya tekanan di dalam sel, maka dari itu sel akan menjadi kempis.

Perbedaan tekanan di antara bagian-bagian tertentu yang ada di dalam sel. Daun-daun yang berdekatan dengan daun yang mengatup juga akan sama mendapatkan rangsangan, sehingga dengan begitu daun tersebut juga akan sama mengatup. Selain sentuhan dan rangsangan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, tanaman putri malu juga akan mengatup saat matahari terbenam dan merekah saat matahari terbit.


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph