EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Kodok Si Atlet Lompat Jauh

23 May 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 52 Kali

Kodok Si Atlet Lompat Jauh

Tidak mudah memang menangkap kodok. Meskipun terlihat tenang dan diam, tetapi sekalinya didekati biasanya dia langsung melompat menjauh. Melompat memang menjadi salah satu bentuk pertahanan diri kodok dari predator. Tidak heran jika seperempat berat tubuh kodok adalah kaki.

Kodok dewasa rata-rata memiliki panjang 10-17 cm. Meskipun badannya cukup besar, tetapi dia bisa melompat hingga sepuluh kali panjang tubuhnya. Berdasarkan penelitian di laboratorium, lompatan terpanjang tercatat 1.29 meter. Namun, pada perlombaan loncat kodok ditemukan bahwa rekor lompatan terjauh adalah 2.2 meter.

Read also: Apakah Katak Bisa Melahirkan?

Rahasia lompat jauh kodok terletak pada kelenturan otot-otot kakinya. Sebelum melompat otot kaki akan memendek dan energi dikumpulkan di tendon yang meregang. Setelah energi penuh, yaitu sekitar 100 milidetik otot akan berhenti bergerak (memendek). Saat ini otot telah membentuk lingkaran seperti pegas yang akan melentingkan kodok ke atas.

Ketika melompat tendon yang membungkus tulang pergelangan kaki akan melepaskan energinya seperti ketapel. Hal ini menyebabkan perpanjangan sangat cepat pada sendi pergelangan kaki dan mendorong katak ke depan. Seluruh proses dari persiapan hingga melompat hanya membutuhkan waktu seperlima detik saja, bahkan bisa lebih cepat.

 

Referensi: dailymaillivesciencewikipedia


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph