EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Konflik dengan Manusia Kurangi Populasi Harimau Sumatera

09 October 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 189 Kali

Konflik dengan Manusia Kurangi Populasi Harimau Sumatera

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan subspesies harimau yang habitat aslinya di Pulau Sumatera, Indonesia. Saat ini harimau sumatera masuk dalam klasifikasi hewan kritis yang terancam punah menurut IUCN. Populasinya kini hanya tersisa 600 ekor. Banyak terjadi konflik antara manusia dengan harimau menyebabkan populasinya menurun.

Menurut Sekretaris Jenderal Forum Harimau Kita, Erlinda C Kartika menyatakan bahwa sebanyak 1065 kasus konfik antara manusia dan harimau terjadi dalam kurun waktu 2001 hingga 2016. Konflik tersebut di antaranya harimau yang melintas pemukiman warga sebanyak 375 insiden dan kasus harimau memakan ternak warga sebanyak 378 insiden. Selain itu terjadi juga kasus harimau menyerang manusia sebanyak 184 kali.

Fenomena tersebut menyebabkan banyak harimau dijerat menggunakan perangkap buatan. Sayangnya, ada para penjerat yang kerap kali berbohong. Banyak dari para penjerat mengatas namakan kasus tersebut untuk melakukan perburuan harimau. Padahal daging serta beberapa bagian tubuh harimau tersebut kemudian diperdagangkan, miris sekali.

Sumber:

http://nationalgeographic.grid.id/read/13948561/akibat-terjerat-perangkap-populasi-harimau-sumatra-semakin-berkurang

https://id.wikipedia.org/wiki/Harimau_sumatera


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph