EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Kupu-kupu dengan Sayap Selebar Burung

15 March 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 221 Kali

Kupu-kupu dengan Sayap Selebar Burung

Selamat hari kupu-kupu sedunia! Setiap tanggal 14 Maret diperingati sebagai hari kupu-kupu internasional. Indonesia sebagai negara kedua pemilik keragaman kupu-kupu tertinggi di dunia patut bangga dan menjaga kelestarian mereka. Apalagi sekitar setengah dari keragaman yang ada merupakan spesies endemik dimana hanya ditemukan di wilayah tertentu Indonesia. Salah satu jenisnya dikenal sebagai peringkat dua kupu-kupu terbesar dengan bentangan sayap selebar burung. Dia adalah Ornithoptera goliath.

Kupu-kupu O. goliath dapat dijumpai di hutan hujan Pulau Papua dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Dia memiliki bentangan sayap lebar sekitar 18-28 cm. Mirip panjang sayap burung gelatik jawa atau jalak bali. Ukuran sayap dan kekuatan terbangnya membuat kupu-kupu dari genus Ornithoptera dijuluki birdwings atau sayap burung. Asal nama ilmiahpun diambil dari bahasa latin ornithos yang berarti burung dan pteron adalah sayap. Sangat sesuai dengan penampilan mereka. Nah, untuk O. goliath biasa disebut dengan goliath birdwings.

Baca juga: Bagaimana Kupu-Kupu Tidur?

Tidak hanya ukuran yang membuat goliath birdwings mudah ditemukan. Warna merekapun cerah. Jantan dan betinanya memiliki warna dan ukuran berbeda atau istilahnya seksual dimorfisme. Jantan berukuran lebih kecil dengan warna dominan kuning, emas, dan hijau cerah. Sedangkan betina lebih besar dengan warna dominan coklat tua dan sedikit kuning melingkari bagian sayap bawah.

Gambar goliath birdwings jantan (atas) dan betina (bawah)

Sayap jantan yang cerah berfungsi menarik perhatian betina ketika musim kawin. Sedangkan sayap lebih besar pada betina agar dia mampu membawa jauh telur-telurnya ke tanaman inang. Seringnya mereka menggunakan tanaman sirih hutan (Aristolochia spp.) sebagai inang, sebab mereka sering ditemukan di sana. Jenis tanaman lain seperti soka (Ixora coccinea) dan bunga pagoda (Clerodendrum japonicum) juga menjadi kesukaan si goliath birdwings. Bukan sebagai inang tetapi diambil nektarsebagai menu makan mereka.

 

Referensi: republikaWiki Ornithoptera goliathwiki gelatik jawawiki jalak balifact sheet birdwings

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph