EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Kupu-kupu kampus di Kampus Hijau Universitas Lampung

18 January 2018 kategori Jurnal

Penulis: Riki Prayoga

Dibaca: 461 Kali

Kupu-kupu merupakan serangga bersayap yang dapat terbang. Tidaklah mengherankan kalau hampir semua kita telah mengenal kupu-kupu. Kupu-kupu dapat dijumpai di sekitar kita. Sayapnya yang indah menarik perhatian banyak orang. Tubuh kupu-kupu, seperti juga tubuh serangga yang lain, terdiri dari tiga bagian yaitu kepala, toraks, dan abdomen. Kepala mempunyai dua mata majemuk yang merupakan kumpulan mata faset, sepasang antena, yang merupakan radar untuk memandu arah terbang kupu-kupu, dan sebuah probosis yang menggulung, apabila tidak dipakai.  

Morfologi Tubuh Kupu-Kupu Kupu-kupu akan menjulurkan probosisnya saat menghisap nektar bunga. Labial palpi merupakan organ perasa untuk menguji kecocokan sumber makanan. Thoraks merupakan organ tengah antara kepala dan abdomen. Pada thoraks terdapat 2 pasang sayap dan 3 pasang kaki. Kaki terdiri dari beberapa bagian, yaitu, coxa, femur, tibia, dan tarsus. Abdomen mengandung organ-organ pencernaan, eksresi, dan reproduksi. Abdomen terdiri dari sepuluh segmen, segmen terakhir merupakan organ reproduksi.  

Klasifikasi Di dalam dunia hewan (Animalia) semua serangga masuk ke dalam filum Arthropoda, dari kelas Insecta, dan salah satunya adalah Ordo Lepidoptera. Ordo Lepidoptera tersebut, berdasarkan bentuk tubuh dan aktivitasnya dikelompokkan menjadi dua sub-ordo yaitu Heterocera dan Rhopalocera. Heterocera dikenal dengan sebutan ngengat atau moth. Serangga ini aktif pada malam hari sehingga disebut kupu-kupu malam. Warna ngengat umumnya kecoklatan. Sedangkan kupu-kupu termasuk sub-ordo Rhopalocera. Kupu-kupu aktif melakukan perilaku hariannya seperti terbang dan mencari makan pada siang hari. Warna sayap kupu berwarna-warni. Kupu-kupu dapat dikelompokkan kedalam dua superfamili yaitu Hesperioidea dan Papilionoidea.

Universitas Lampung (Unila) merupakan salah satu Universitas yang ada di Provinsi Lampung yang memiliki julukan 'Kampus Hijau', salah satu lokasi yang baik bagi berkembang biaknya kupu-kupu di Universitas Lampung ada di Rawa Unila. di Rawa Unila terdapat beragam jenis kupu-kupu, yang telah teramati sampai saat ini ada sekitar 11 spesies kupu-kupu yaitu :

1.      Junonia orithya 

2.      Appias libythea 

3.      Mycalesis visala phamis

4.      Moduza sp.

5.      Hypolimnas bolina

6.      Hypolimnas bolina bolina

7.      Neptis clinioides

8.      Doleschallia bisaltide

9.      Mycalesis visala phamis

10.  Doleschallia bisaltide

11.  Attacus atlas

 

Sumber : Soekardi, H. 2007. Kupu-kupu di Kampus Unila. Universitas Lampung. Bandar Lampung.


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph