EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Manggis Si Ratu Buah yang digemari Ratu

18 April 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 91 Kali

Manggis Si Ratu Buah yang digemari Ratu

Buah-buahan memiliki sepasang buah yang diberi kehormatan sebagai penyandang gelar raja dan ratu. Si “Raja Buah” adalah durian dan ratunya bukanlah berasal dari kerabat durian, tetapi buah manggis. Tidak tahu pasti kapan buah manggis mendapat julukan sebagai “Ratu Buah, tetapi ada satu cerita menarik tentang si ratu.

Kabarnya, dahulu seorang Ratu Inggris yaitu Ratu Victoria (menjabat ratu mulai tahun 1837) sangat menyukai buah manggis. Hingga tersiar kabar bahwa siapapun yang bisa membawa buah manggis segar kepadanya akan diberi hadiah 100 pound sterling. Sekarang nilainya kira-kira setara dengan £11.300 atau sekitar 200juta rupiah. Mungkin kejadian ini yang menjadi alasan buah manggis dijuluki ratu buah.

Baca juga: Keseragaman Buah Manggis Karena Apomiksis

Tidak hanya disukai ratu, buah manggis yang memiliki nama ilmiah Garcinia mangostana digemari banyak orang dari penjuru dunia. Rasa manis segarnya diibaratkan perpaduan antara leci, persik, stroberi, dan nanas.

Selain manis, manggis juga kaya manfaat dan digunakan untuk beragam obat tradisional misalnya diare, demam, dan siklus haid yang tidak teratur. Berdasarkan penelitian juga ditemukan antioksidan, antitumor, antialergi, anti inflamasi, antibakteri, dan antivirus pada ekstrak manggis. Sungguh si ratu yang kaya. Sayangnya, manggis sulit dibudidayakan di luar negara tropis sebagai habitat alaminya.

Referensi: sciencedirectfood.ndtvnlb.gov.sginflation convertnationalgeographic


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph