EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Mata si Udang Mantis yang Selalu Berputar

25 May 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 147 Kali

Mata si Udang Mantis yang Selalu Berputar

Menandingi kemampuan mata bunglon yang masing-masing mampu bergerak mandiri, udang mantis juga bisa melakukannya. Bahkan, mata si udang mantis dapat melihat ke arah berbeda sambil terus memutarnya. Terkesan tidak pernah berhenti bergerak. Padahal, umumnya hewan akan menggerakkan mata seminimal mungkin agar pandangan tidak buram.

Jika cara udang mantis melihat benda bergerak diterapkan pada manusia, diibaratkan seperti orang berlari melalui terowongan yang diam, tetapi dinding-dindingnya terus berputar. Kemungkinan besar, orang tersebut akan jatuh dan memicu pusing vertigo yang parah. Meski udang mantis terus memutar matanya, tetapi hal itu tidak berpengaruh pada persepsi keruangan mereka. Benda yang naik, turun, atau ke samping tetap terlihat seperti seharusnya. Sangat mengagumkan, dan belum pernah ditemukan sebelumnya.

Sayangnya, penelitian ahli Biologi dari Universitas Bristol, Inggris ini belum menemukan alasan dan fungsi dari perlunya rotasi mata udang mantis. Apakah terkait dengan keahliannya dalam melihat warna dan polarisasi cahaya? Semoga rahasia ini bisa segera terungkap.

 

Sumber:

http://www.mongabay.co.id/2018/05/06/hewan-ini-punya-mata-yang-paling-aneh-dan-ekstrim-di-dunia-seperti-apa/

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph