EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Mengapa Ayam Cemani Bisa Berwarna Hitam?

04 October 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 47 Kali

Mengapa Ayam Cemani Bisa Berwarna Hitam?

Indonesia memiliki satu jenis ras ayam unik yang tersohor hingga penjuru dunia. Namanya ayam cemani. Ayam yang awalnya diternakkan di daerah Kedu, Temanggung, Jawa Tengah ini berwarna hitam legam di seluruh bagian tubuhnya. Tidak hanya bulu tetapi juga daging, mata, hingga tulang-tulangnya. Bagaimana ini bisa terjadi?


Kondisi ayam cemani disebut sebagai fibromelanosis, yaitu mutasi genetik pada ayam domestik yang membuat pigmen melanin (hitam) terakumulasi berlebih di jaringan penghubung dan dermis.

Ayam memiliki gen bernama endothelin 3 (EDN3) yang berfungsi mengontrol warna kulit. Pada ayam normal, bagian bulu dan kulit mengekspresikan EDN3 yang memicu migrasi melanoblast (sel yang bertugas memicu munculnya warna). Namun pada ayam cemani seluruh sel tubuh menghasilkan EDN3, sehingga melanoblast bisa mencapai 10 kali lipat dan membuat warna jaringan menjadi gelap.

Baca juga: Mengapa Ayam Jantan Berkokok di Pagi Hari?


Meski seluruh jaringan tubuh berwarna hitam pekat, darah ayam cemani tetap merah. Keunikan ini menjadikan ayam cemani selalu dicari peternak atau penyuka ayam. Saking uniknya perekor bisa dihargai antara $200 - $400 di mancanegara.

Referensi:  KompasBackyard poultryWikipediaWideopenpets


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph