EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Mengapa Bebek Tidak Mengerami Telurnya?

21 June 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 544 Kali

Mengapa Bebek Tidak Mengerami Telurnya?

Bebek dikenal meninggalkan telurnya begitu saja di sembarang tempat dan tidak mengeraminya. Tetapi apakah benar begitu, lalu bagaimana mereka bisa meneruskan keturunan dan menjaga spesies mereka hingga sekarang? Tentu saja bebek seperti unggas yang lain juga mengerami telurnya, namun tidak semua jenis telur. Sebab bebek memiliki dua jenis telur yaitu fertil dan infertil.

Telur fertil adalah telur yang dikeluarkan bebek betina setelah kawin. Bebek liar bertelur sejumlah 8-12 butir dan biasanya hanya bertelur setahun sekali pada masa kawin. Telur akan menetas setelah 28-35 hari tergantung spesies. Betina menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk mengerami telur yaitu sekitar 20 jam sehari.

Baca juga: Bagaimana Cara Anak Ayam Menetas Tepat Waktu?

Lamanya waktu pengeraman menghabiskan banyak energi betina dan mereka menjadi sensitif serta mudah stres. Jika terdapat gangguan luar seperti predator atau manusia hingga tingkat stres mereka meningkat, betina bisa meninggalkan telurnya dan tidak kembali.

Selain alasan di atas, betina juga tidak akan mengerami telur infertil. Sebab telur infertil merupakan telur yang dikeluarkan betina tanpa dibuahi jantan. Bebek betina akan tetap bertelur ketika musim kawin tiba meski tanpa proses kawin. Sehingga telur infertil akan ditinggalkan betina begitu saja dimanapun karena tidak akan menetas.

 

Referensi: rspbtorontowildlifecentrepoultryhub


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph