EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Mengapa Cacing Selalu Keluar Saat Hujan?

30 November 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 42 Kali

Mengapa Cacing Selalu Keluar Saat Hujan?

Musim hujan sudah datang, tidak hanya kita yang senang tetapi juga para cacing. Saat hujan mengguyur, cacing biasanya ramai-ramai keluar dari dalam tanah. Meskipun banyak yang geli dengan tubuhnya yang panjang dan licin, tetapi keberadaan mereka menandakan tanah yang subur. Jika tanah adalah sarang mereka, lalu apa alasan cacing meninggalkan rumah di saat hujan?


Meskipun sarang mereka di dalam tanah, cacing tidak khawatir terendam air hujan. Sebab cara bernapas yang melalui kulit mengharuskan cacing untuk selalu lembab. Sehingga hujan justru memudahkan cacing untuk bernapas. Bahkan mereka bisa bertahan terendam dalam air selama beberapa hari. Jadi alasan ke permukaan tanah adalah agar bisa bergerak lebih bebas.


Ya, saat hujan cacing lebih leluasa bergerak di permukaan tanah yang basah dibandingkan menggali lorong dalam tanah. Hujan membuat mereka bisa berpindah lebih jauh. Ada spesies yang ke permukaan untuk kawin, tetapi jumlahnya hanya beberapa diantara lebih dari 4400 spesies. Sehingga bukan menjadi alasan utama ke permukaan tanah.


Cacing senang beramai-ramai saat keluar ke permukaan tanah. Sebab mereka berkomunikasi dan interaksi dengan sentuhan. Sehingga mereka membentuk kelompok dan membuat keputusan bersama. Termasuk bergerak ketika hujan.


Referensi: scientific Americansciencefocus


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph