EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Mengenal Kecebong, Si Calon Katak

16 April 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 123 Kali

Mengenal Kecebong, Si Calon Katak

Katak menjadi contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna. Artinya katak memiliki bentuk larva yang berbeda dengan tubuhnya ketika dewasa dan kita mengenal bentuk larva katak sebagai kecebong.

Sebagian besar kecebong adalah herbivora, mereka memakan ganggang termasuk diatom yang disaring lewat insangnya. Namun ada juga kecebong karnivor bahkan kanibal yang memakan saudaranya sendiri.

Waktu yang diperlukan kecebong untuk berubah menjadi katak sangat tergantung dari jenisnya. Tercatat, durasi terpendek adalah dua minggu sedangkan yang terpanjang bisa mencapai tiga tahun. Tetapi kebanyakan katak memerlukan waktu satu sampai tiga bulan.

Katak adalah salah satu hewan yang bisa kita temukan di seluruh belahan dunia, kecuali kutub. Sehingga keragamannya tinggi dan banyak perbedaan adaptasi antar spesies. Tergantung kondisi geografi juga iklim habitat masing-masing. Tidak heran rentang waktu tahap larva (kecebong) amat bervariasi.

Read also: Apakah Katak Bisa Melahirkan?

Sekitar 88% amfibi tergolong dalam ordo Anura, termasuk pula katak dan kodok. Di ordo Anura terdapat lebih dari 7.000 spesies dan hanya sekitar 5.400 spesies yang masih hidup hingga kini. Dari 56 family di bawah ordo Anura ada empat yang memiliki keragaman spesies tertinggi yaitu Craugastoridae (831 spesies/spp.), Hylidae (720 spp.), Microhylidae (670 spp.), dan Bufonidae (610 spp.).

 

Referensi: link videobritannicaanimaldiversitybritannica 2wikipedia


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph