EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Mengenal Pipefish yang Terancam Punah

26 July 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 136 Kali

Mengenal Pipefish yang Terancam Punah

Seperti namanya, pipefish memiliki bentuk ramping menyerupai pipa, mulutnya kecil terbuka ke atas dan tidak mempunyai gigi. Ikan yang juga dikenal memiliki nama tangkur buaya ini termasuk ke dalam ordo solonichtyes dan tersebar luas di perairan Indonesia. Meskipun demikian hanya sedikit yang ditemukan hidup di air tawar, mayoritas pipefish hidup di laut.

Ikan yang memiliki kekerabatan dengan kuda laut ini memiliki panjang sekitar 30-40 cm. Ia hidup di perairan dangkal, berlindung di terumbu karang atau padang lamun. Sirip ekornya yang dapat berkembang (flagtail pipefish) menjadikannya perenang andal. Tak hanya itu, warna serta jenis pipefish yang beragam, membuatnya dijadikan sebagai objek wisata bawah air.

Pipefish dianggap berkhasiat bagi dunia pengobatan tradisional sehingga ikan tersebut banyak di buru dan ditangkap secara berlebihan. Selain itu pipefish pun mendapat ancaman lain di antaranya kerusakan habitat, populasi, perubahan iklim ataupun masuknya spesies invansif yang menyebabkan populasinya semakin menurun. Oleh karena itu International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN) menetapkan pipefish sebagai hewan yang terancam punah.

Sumber:

http://www.mongabay.co.id/2018/05/13/begini-uniknya-si-mungil-pipefish-ikan-kecil-kerabat-si-kuda-laut/


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph