EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Menggaruk Jadi Cara Orangutan Memanggil Anaknya

24 November 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 50 Kali

Menggaruk Jadi Cara Orangutan Memanggil Anaknya

Orangutan menjadi mamalia yang paling lama mengasuh anaknya. Ibu dan anak bersama hingga sepuluh tahun sampai si anak mampu bertahan hidup mandiri. Anak akan terus berada di sekitar ibunya dan belajar. Saat akan berpindah tempat, sang ibu memiliki cara unik untuk memanggil anaknya, yaitu menggaruk badan.


Saat sang ibu siap berpindah tempat, ia akan menggaruk badan, lengan atau kepala dengan kencang untuk memanggil anaknya agar segera datang. Garukan ini cukup keras untuk terdengar hingga 15 meter dalam hutan yang ramai. Tetapi tidak cukup nyaring untuk menarik perhatian predator.


Komunikasi ibu dan anak orangutan biasanya lewat gerakan tanpa suara. Gunanya untuk menghindari predator. Sehingga perilaku garukan nyaring yang tidak biasa ini dipandang peneliti sebagai upaya komunikasi di saat penting.


Perilaku panggilan ini baru diungkap peneliti pada Juli 2019. Setelah melalui pengamatan terhadap 17 individu ( empat ibu dan anak-anaknya) di habitat alami mereka Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh. Peneliti merekam lebih dari 1500 jenis panggilan yang sama dan mengamati tujsan si ibu. Dan hampir di seluruh video menunjukkan bahwa setelah adanya panggilan, sang ibu dan anak pergi berpindah tempat.

Referensi: NatureNational geographicorangutanSciencemag


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph