EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Menyatu dengan Gelap untuk Hidup

28 May 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 77 Kali

Menyatu dengan Gelap untuk Hidup

Kegelapan adalah teman bagi makhluk hidup yang tinggal di laut dalam. Ikan-ikan cenderung bertubuh gelap, bahkan ada beberapa spesies yang berevolusi dan membuat warna tubuhnya semakin gelap seiring waktu. Hal ini didasari keharusan adaptasi ataupun melakukan tipuan optik, agar tersembunyi bersama gelap dan tak ditemukan pemangsa.

Beberapa jenis ikan, seperti ikan viper dalam genus Chauliodus, memiliki warna kulit sangat hitam yang bisa menyerap cahaya hingga 99,9%. Artinya hanya satu dari seribu foton (partikel pembawa cahaya) yang tidak terserap. Kemampuan mereka dalam menyerap cahaya, tidak hanya karena banyaknya pigmen hitam. Tetapi juga didukung struktur nano kompleks pada permukaan kulit. Struktur inilah yang bertugas menyerap foton.

Lain dengan kebanyakan ikan yang tinggal di laut dangkal. Struktur kulit mereka sederhana dan halus, sehingga cahaya akan langsung memantul. Membuat kita dan juga para predator mudah melihat mereka. Kemuddian, menyadari keunikan warna tubuh ikan laut dalam, para peneliti menyatakan potensi mereka dalam inovasi teknologi, seperti kamera, teleskop, dan panel surya.

 

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/05/10/210400223/evolusi-ikan-di-laut-dalam-mengapa-jadi-super-hitam-


Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph