EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Mereka Berkedip tapi Tak Terpejam

01 November 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 60 Kali

Mereka Berkedip tapi Tak Terpejam

Tidak seperti manusia, burung tidak perlu terpejam saat berkedip. Mengapa bisa terjadi? Sebab dia menggunakan membran pengelip yang disebut juga sebagai kelopak ketiga.


Membran pengelip merupakan selaput bening yang terletak di antara kornea dan bagian bawah kelopak mata. Berfungsi untuk perlindungan dan menjaga kelembaban. Gerakannya horisontal seperti pembersih kaca mobil. Adanya membran pengelip memungkinkan burung untuk tetap melihat dalam berbagai situasi.

 

Beberapa contoh manfaat membran bagi burung yaitu: Elang yang terbang dengan kecepatan hingga 320 km/jam memakai membran pengelip untuk menghalau kotoran agar tidak masuk mata. Saat memberi makan, para induk burung melindungi mata dari patukan anak-anaknya dengan membran pengelip. Burung pelatuk juga terlindung dari kerusakan mata akibat serpihan kayu saat mematuk batang pohon.


Membran pengelip bukanlah organ khusus yang ditemukan hanya pada burung. Masih ada banyak hewan yang memilikinya, contohnya yaitu ikan, kucing, unta, beruang kutub, anjing laut, juga hiu. Bentuk membran ada yang bisa menutup penuh mata ataupun hanya di sudut.

Referensi: wikipediabritishbirdloversscience direct


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph