EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Meski Boros Energi Merpati Memilih Terbang Bersama

09 July 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 154 Kali

Meski Boros Energi Merpati Memilih Terbang Bersama

Biasanya burung terbang berkelompok membentuk huruf V besar di langit dengan alasan hemat energi. Sehingga mereka kuat untuk terbang jauh dan bermigrasi. Tetapi lain bagi merpati. terbang bersama justru membutuhkan lebih banyak energi dibandingkan terbang sendiri. Lalu mengapa merpati tetap memilih untuk terbang bersama?

Baca juga: Persiapan Burung Menghadapi Migrasi

Ada dua alasan utama, yaitu navigasi lebih baik dan keamanan meningkat karena terhindar dari predator. Penelitian membuktikan bahwa merpati akan lebih cepat sampai tujuan jika terbang bersama. Mereka akan mengambil rute lurus yang ditunjukkan oleh pemimpin kelompok. Sedangkan ketika terbang sendiri merpati cenderung mengambil jalan memutar, mengikuti penanda alam yang dia ingat. Sehingga lebih lama sampai. Predator juga enggan mendekat ketika mereka terbang bersama. Sebab cara merpati terbang berkelompok bukan membentuk huruf v tetapi membentuk kumpulan besar seperti awan.

Banyaknya energi yang dihabiskan merpati untuk terbang bersama adalah harga yang mahal. Maka demi mendapatkan penerbangan yang paling akurat dan cepat, dipilih pemimpin kelompok. Kriterianya si calon pemimpin memiliki waktu terbang tercepat pada penerbangan-penerbangan sebelumnya.

 

Referensi: KompasSciencedirectSciencedaily

 

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph