EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Nafas Lebih Lega dengan Sarden!

10 January 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 16 Kali

Nafas Lebih Lega dengan Sarden!

Asma merupakan penyakit pernapasan paling umum pada anak-anak dan menjadi salah satu alasan utama ketika mereka dibawa ke unit gawat darurat. Berdasarkan data Departemen Kesehatan Indonesia, kemungkinan ada satu dari 22 orang di Indonesia yang menderita asma. Sayangnya banyak orang tak menyadari bahwa mereka adalah salah satunya.

Merasakan gangguan nafas setiap hari memang tidak nyaman. Untungnya, penelitian di La Trobe University menawarkan solusi enak untuk meringankan asma. Kepala peneliti di sana menyatakan, diet sehat Mediterania bisa menjadi terapi potensial untuk asma anak. Diet Mediterania menggunakan ikan sebagai sumber protein utama dipadu dengan menu kaya sayur, buah, dan biji-bijian.

Ikan, terutama ikan berlemak (fatty fish) kaya akan omega-3 yang memiliki fungsi anti inflamasi. Salmon menjadi primadona ikan kaya omega-3, tetapi dia mahal dan sulit dicari di Indonesia. Pilihan yang lebih mudah adalah ikan kembung, bandeng, cakalang, dan sarden. Kandungan omega-3 mereka tidak kalah dengan salmon. Nah, konsumsi ikan berlemak setidaknya 2 kali perminggu dapat secara signifikan mengurangi inflamasi paru-paru pada anak dengan penyakit asma. Peningkatan kondisi ini akan terlihat setelah enam bulan konsumsi tertatur.

Penelitian telah dilakukan di Athena, Yunani kepada 64 anak berumur 5-12 tahun yang mengalami asma ringan. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok pertama diarahkan untuk dua kali perminggu mengkonsumsi ikan berlemak yang dimasak (minimal 150 gram/porsi), sedangkan kelompok kedua mengikuti diet sehari-hari mereka. Hasilnya, anak-anak pada kelompok pertama mengalami penurunan inflamasi bronkial sebesar 14 unit. Hasil yang positif, sebab di atas 10 unit termasuk nilai signifikan berdasarkan panduan internasional.

 

Sumber:

https://www.latrobe.edu.au/news/articles/2018/release/diet-rich-in-fish-helps-fight-asthma

https://www.alodokter.com/diet-mediterania-diet-sehat-mengandung-banyak-manfaat

http://koran-sindo.com/page/news/2017-10-16/4/9/Penderita_Asma_di_Indonesia_Masih_Tinggi

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3350121/ingat-ya-ikan-kaya-kandungan-omega-3-dan-6-tak-cuma-salmon-lho

https://www.timesindonesia.co.id/read/187738/20181028/122136/tiga-ikan-dari-perairan-indonesia-ini-juga-kaya-omega3/


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph