EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Orkestra Di Bawah Laut

27 December 2014 kategori Jurnal

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 856 Kali

Hallo Sahabat warriors, bagaimana kabar kalian semua ? pasti kalian sudah merasakan liburan sekarang yah ? sudah kemana aja kalian liburan kali ini ? ke pantai ? ke gunung ? ke pulau ? atau ke tempat yang menantang adrenalin ? pastinya sudah kalian rencanakan liburan kali ini kan. Oke langsung aja tanpa basa basi lagi pasti kalian semua menunggu apa yang saya tulis kan dan tidak sabar untuk membacanya.. cekidot

Kalian sudah pernah dong ke tempat konser musik, orchestra atau ketempat yang menyajikan seni musikalitas yang mampu membuat hati terasa adem dan telinga terasa terdengar membuat kalian melayang, aishedaaaap dah. Bagi penulis sih itu sudah biasa mendengar musik. Ada yang lebih dari itu semua ?

kalian semua pernah mendengar suara ini..

Sudahkan kalian mendengarnya ? sedikit informasi sahabat semuanya, suara tersebut berasal dari hewan laut yaitu Paus Punggung / Humpback Whale / Megaptera novaeangliae yang termasuk kedalam golongan mamalia laut dan kelas Cetacea.  mamalia laut yang memiliki suara paling keras. Paus spesies lain pun dapat mengeluarkan suara dengan dialek yang berbeda-beda. Paus sejenis tetapi hidup di perairan yang berbeda pun mempunyai dialek suara yang berbeda.

Paus memiliki kemampuan yang disebut echolocation. Echolocation merupakan kemampuan hewan dalam memproduksi frekuensi tertentu untuk mendeteksi jarak, objek, dan mengenali keadaan fisik disekitarnya. Kemampuan frekuensi tinggi dapat memberikan informasi yang detil dan akurat. Sistem kemampuan melon pada lumba-lumba ini menjadi inspirasi bagi para ilmuwan untuk menciptakan sebuah instrumentasi yang digunakan pada kapal selam.

Kegunaan lain dari suara oleh mamalia laut kemungkinan untuk melemahkan atau menarik perhatian mangsa. Hasil riset memperlihatkan bahwa mamalia laut memproduksi sumber suara intens ketika mencari makanan. Informasi mengenai penggunaan suara dalam hal ini sangat terbatas, namun dapat dipahami bahwa mamalia laut menggunakan suara untuk proses biologis yang cukup vital. Para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa mamalia laut menggunakan sinyal suara untuk berkomunikasi satu sama lain di dalam air. Penelitian terakhir bahkan menunjukkan bahwa paus punya dialek berupa suara siulan dan denyutan

Demikianlah info yang saya bisa berikan , semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Salam lestari (y)

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph