EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Pemanfaatan Limbah Sampah Sebagai Media Tanam

04 August 2019 kategori Jurnal

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 182 Kali

Pemanfaatan Limbah Sampah Sebagai Media Tanam    

 

Sampah merupakan masalah tersebasar yang ada di muka bumi, karena menumpuk dan sulit terurai terutama sampah plastik. Sampah dapat dibedakan kedalam dua jenis, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik merupakan sampah yang ramah lingkungan, dapat dimanfaatkan kembali dan dapat diurai oleh bakteri. Contohnya seperti sisa makanan, dan dedaunan. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang sulit terurai oleh bakteri yang dapat merusak lingkungan. Contoh sampah anorganik seperti plastik, botol kaleng, dan styrofoam.

Memilah sampah organik dan anorganik merupakan cara yang tepat untuk membantu mengurangi penumpukkan sampah yang terjadi saat ini. Sampah organik dapat terurai lebih cepat dan sampah anorganik seperti plastik dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan seperti tas wanita yang berasal dari bekas bungkus kopi, tutup botol plastik yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan lampion, dan memanfaatkan botol plastik serta plastik sebagai ecobrick yang ramah lingkungan. Yaaa… Pastinya sangat bermanfaat dan dapat menghasilkan uang jika kita mengelola nya dengan serius.

Namun jangan khawatir!!! Kita dapat memanfaatkan sampah organik dan anorganik menjadi media tanam dalam sehari dengan menggunakan Biokompon. Biokompon adalah starter yang dapat mengurai sampah organik dan anorganik dengan waktu yang cepat. Gampang saja alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu : gunting, polybag, starter, ember, air, pupuk kandang, bibit tanaman, dan pastinya sampah sebagai bahan utama kita. Mengubah sampah menjadi berguna bagi kehidupan mempunyai cara yang gampang yaitu : Pertama-tama gunting sampah menjadi kecil-kecil agar gampang terurai oleh bakteri. Lalu selanjutnya, jangan lupa masukkan starter dan air ke dalam ember dengan perbandingan 1:50 dan aduk rata. Selanjutnya, siapkan polybag dan masukkan sampah yang telah digunting kecil-kecil lalu di campur dengan larutan air starter secukupnya. Masukkan pupuk kompos di atas sampah yang telah di sediakan. Tidak lupa, bibit tanaman yang siap tanam dimasukkan kedalam tanah. Siap…tanaman disiram dengan air secukupnya dan selesai. Mudah sekali bukan memanfaatkan sampah kita sebagai kegiatan yang berguna, yaitu sebagai media tanam. Selain mempunyai manfaat mengurangi sampah, namun bermanfaat juga sebagai peduli kita terhadap bumi dengan menanam pohon. Tapi kita harus konsisten dengan apa yang kita lakukan.

Tidak ada kata terlambat bagi kita semua untuk menyelamatkan kehidupan bumi. Dengan menyadari dan peduli terhadap apa yang kita pakai dan memikirkan efek kedepan nya. Kita dapat memulai dari diri kita sendiri, dengan membawa tumbler untuk air minum guna mengurangi sampah botol plastik, goodie bag sebagai sarana membawa barang dengan mudah tanpa menggunakan plastik sekali pakai, mengubah pemakaian sedotan plastik sekali pakai dengan sedotan stainless, dan masih banyak lagi yang dapat kita terapkan. Bumi kita merupakan rumah kita, maka dari itu kita harus sayangi bumi seperti menyanyangi diri kita sendiri. Kehidupan yang baik adalah bumi yang baik.

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph