EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Pesona Bungur nan Langka di ITERA

09 March 2020 kategori Jurnal

Penulis: Ido Ramdani

Dibaca: 74 Kali

Institut Teknologi Sumatera adalah sebuah institusi yang berada di kabupaten Lampung Selatan, Lampung. ITERA memiliki banyak sekali tanaman dan akan mempunyai kebun raya sendiri dan akan menjadi kebun raya terbesar di Sumatera.

Sebagai institusi baru ternyata ITERA berusaha melestarikan tanaman Bungur ini, karena memang tanaman ini pernah popular pada masanya dan kemudian mulai langka. Akan tetapi saat ini sudah banyak pihak yang berusaha untuk melestarikan Bungur ini agar keberadaannya tetap terjaga, termasuk juga ITERA.

Bungur memiliki nama ilmiah Lagerstroemia speciosa (L.). Ada dua jenis bungur yang populer sebagai tanaman hias pekarangan: bungur biasa/besar/kebo (L. speciosa), pohon besar mencapai 8 m, dan Bungur Jepang (L. faurieriL. indica, dan hibrida) yang lebih kecil, berbentuk perdu. Kini selain ditanam sengaja di pinggir jalan raya dan halaman rumah, juga banyak tumbuh liar di tepian sungai.

Bungur adalah tumbuhan pohon berbunga, tingginya dapat mencapai 10-30 m. Batangnya bulat, percabangan dari mulai sisi pangkalnya, berwarna cokelat muda. Kulit kayunya tipis dan gampang terluka.Daunnya daun tunggal, bertangkai pendek. Helaian daun berupa oval, elips, atau memanjang, tidak tipis seperti kulitnya, panjang 9-28 cm, lebar4-12 cm, berwarna hijau tua.

Bunga majemuk berwarna merah muda keunguan dengan kelopak yang kusut, tersusun dalam malai yang panjangnya 10-50 cm, keluar dari ketiak daun atau ujung ranting. Buahnya buah kotak, berupa bola hingga bulat memanjang, panjang 2-3, 5 cm, beruang 3-7, buah yang masih muda berwarna hijau, sesudah masak jadi cokelat. Ukuran biji cukup besar, pipih, ujung bersayap berupa pisau, berwarna cokelat kehitaman. Bungur bisa diperbanyak dengan biji yang keluar setelah proses pembungaan selesai, atau diperbanyak dengan pencangkokan. Pohonnyabercabang-cabang, namun dapat dibentuk sesuai keinginan melalui pemangkasan.

Tanaman itu relatif lebih gampang tumbuh di beberapa tipe tanah. Bungur bisa diketemukan di rimba jati, baik di tanah gersang ataupun di tanah subur rimba heterogen berbatang tinggi. Terkadang, bungur ditanam juga sebagai pohon hias atau pohon pelindung di pinggir jalan.

Jika anda tertarik untuk melihat langsung tanaman ini, silahkan datang ke Institut Teknologi Sumatera. Disini banyak juga tanaman lainnya tetapi menurut saya Bungur ini lah yang paling menarik.


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph