EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Pesona Tanaman Erpah di Institut Teknologi Sumatera

05 March 2020 kategori Jurnal

Penulis: Shella Anisa

Dibaca: 155 Kali

      Institut Teknologi Sumatera (ITERA) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Provinsi Lampung, berdiri sejak tanggal 6 Oktober 2014. ITERA merupakan salah satu forest campus yang memiliki Kebun Raya ITERA. Kebun Raya ITERA ini dimulai sejak tahun 2018, memiliki luas 75,52 hektare terbagi dalam beberapa zona yaitu, zona wisata (Taman estetika), zona konservasi, dan zona pengelola (zona pembibitan).

      Kebun Raya ITERA memang masih dalam tahap pembangunan dan pengembangan. Namun, saat ini sudah banyak terdapat berbagai jenis tanaman, seperti tanaman hias, tanaman obat bahkan tanaman langka. Salah satu tanaman hias yang banyak tumbuh di Institut Teknologi Sumatera yaitu Tanaman hias Erpah Merah. Tanaman ini tumbuh di kebun raya ITERA dan sekitar jalanan kampus ITERA.

      Tanaman hias Erpah Merah yang ada di Institut Teknologi Sumatera yaitu Tanaman Erpah jenis Erpah Kuncir merah dengan nama ilmiah Alternanthera Reineckii Rosanervig. Tanaman ini memiliki daun dan batang berwarna merah karena mengandung cairan berwarna merah. Erpah berasal dari bagian tropis Amerika. Tanaman ini merupakan jenis tanaman industri masal yang sering di pergunakan untuk tanaman penutup tanah groundcover. Tanaman hias Erpah kuncir merah biasa ditanam sebagai tanaman pembatas atau tanaman pagaran yang mempunyai karakter hampir mirip dengan tanaman teh-tehan. Tanaman ini juga sering dijadikan sebagai tanaman hias untuk sebuah taman dan sekitar jalan raya. 

      Tanaman erpah kuncir merah ini selain sebagai tanaman hias memiliki banyak manfaat lainnya, yaitu:

1. Membantu dalam proses buang air besar karena mengandung banyak serat. 

2. Membantu meningkatkan fungsi ginjal dan membersihkan darah setelah melahirkan. Daun Erpah mengandung protein yang membantu mengurangi kadar insulin dalam darah dan Erpah juga melepaskan hormon yang membantu menurunkan rasa lapar.

3. Membantu mengurangi anemia.

4. Menyembuhkan disentri.

5. Menguatkan rambut dan mencegah rambut beruban prematur.

6. Penawar gigitan binatang beracun seperti ular, reptil dan lain lain.

      Ternyata banyak sekali manfaat dari tanaman hias ini. Tanaman hias yang cantik dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Walaupun memiliki banyak manfaat, tanaman ini tidak memerlukan perawatan khusus karena dapat tumbuh di cuaca yang panas. Tanaman ini sangat baik di tanam di halaman atau pekarangan rumah.


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph