EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Pohon Ajaib tak Hanya Imajinasi

09 January 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 44 Kali

Pohon Ajaib tak Hanya Imajinasi

Memulai tahun baru seperti memulai kembali perjalanan, menuju petualangan baru, ke tempat baru, melalui berbagai pintu. Alangkah senangnya jika kita bisa secara ajaib, menuju ke tempat lain sekejap mata melalui pintu kemana saja doraemon, ataupun pohon dedalu perkasa seperti dalam serial Harry Potter. Untungnya, pohon dedalu perkasa tak cuma imajinasi belaka. Kembarannya, si Bauhinia lingua tumbuh di Indonesia.

Terkenal dengan istilah akar langit trinil atau pohon trinil, B. lingua memang terlihat mirip dengan pohon dedalu perkasa. Tergolong sebagai liana, batang berkayu B. lingua akan merambat ke atas dan berpilin mengitari pohon atau benda lain yang tersentuh. Jika populasi B. lingua di satu tempat tinggi, mereka dapat tumbuh rapat saling bertumpuk mengitari pohon, sehingga terlihat sebagai pohon tinggi dengan cabang-cabang yang saling berpilin, gagah.

Tak pelak banyak warga tertarik untuk melihat langsung keindahan kembaran si dedalu perkasa ini. Kawasan Perhutani di Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Lamongan, menjadi tempat yang ramai dituju. Sebab, sejak unggahan salah seorang warga di tahun 2015 menjadi viral pada Agustus 2017, Desa Sendangharjo tak pernah sepi pengunjung. Melihat potensi wisata yang tinggi, pemerintah Desa Sendangharjo kemudian bekerjasama dengan Perhutani mengembangkan daerah ini sebagai kawasan wisata, dengan nama Wisata Rumah Pohon Lestari (WRPL) yang dibuka resmi awal 2018.

Siapa sangka, batang B. lingua yang biasanya diabaikan warga lokal, dan hanya dimanfaatkan sebagai tali pengikat rumput pakan ternak, bisa mendatangkan peluang ekonomi yang besar. Semoga dibangunnya kawasan wisata bisa makin mensejahterakan warga lokal dan dapat sedikit membuka mata masyarakat terhadap kekayaan biodiversitas Indonesia.

 

Sumber:

http://www.mongabay.co.id/2019/01/05/uniknya-si-akar-langit-pohon-harry-potter-dari-lamongan/

https://jatim.antaranews.com/berita/247140/uniknya-wisata-akar-langit-di-lamongan-video

https://caesalpinioideae.linnaeus.naturalis.nl/linnaeus_ng/app/views/species/taxon.php?id=91749&epi=117


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph