EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Pohon di Perkotaan Lebih Cepat Tumbuh

06 July 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 46 Kali

Pohon di Perkotaan Lebih Cepat Tumbuh


Hiruk pikuk kota besar yang membuat stres manusia ternyata punya dampak positif bagi pohon. Penelitian menunjukkan bahwa pohon di kota besar tumbuh empat kali lebih cepat dibandingkan pohon di hutan terdekat atau daerah pinggiran kota.

Ada tiga hal yang diduga menjadi alasan pohon di kota cepat tumbuh, yaitu karbon dioksida (CO2), sinar matahari, dan nitrogen. Akibat padatnya kota karena manusia dan kendaraan, jumlah buangan gas CO2 tinggi. Sehingga pohon menyerap lebih banyak CO2 yang meningkatkan laju fotosintesis dan menghasilkan lebih banyak energi untuk tumbuh. Pohon di perkotaanpun kerapatannya rendah maka jumlah saingan untuk mendapat sinar matahari rendah.

Baca juga: Melihat Pohon Bantu Tenangkan Pikiran

Nitrogen merupakan salah satu mineral utama yang diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Dan di kota nitrogen banyak tersedia dari hasil pembakaran bahan bakar fosil. Gas nitrogen akan terkumpul di udara dan ikut turun bersama hujan. Sehingga bisa diserap pohon.

Sayangnya kecepatan pertumbuhan pohon juga diiringi dengan kematian yang lebih cepat. Sebab minimnya lahan membuat pertumbuhan akar pohon terbatas oleh bangunan, trotoar, atau jalan. Kemungkinan pohon ditebang juga tinggi. Misalnya jika menghalangi pemandangan, bentuknya tidak indah, ataupun tertabrak kendaraan.

 

Referensi: Science DailyScience newsEarth newsKompas

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph