EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Primadona Tanaman Emas Hitam

24 July 2017 kategori Jurnal

Penulis: Amelia Suberti

Dibaca: 963 Kali

   Tumbuhan yang dijuluki Emas hitam ini merupakan tanaman asli dari daerah tropis. Tanaman ini sangat populer di daerah Madiun, Jawa Timur. Semenjak tahun 2005 tumbuhan ini berkembang pesat dengan nilai jual yang sangat tinggi setiap tahunnya. Tanaman ini mempu menghasilkan 5 ton dengan pendapatan minimal 12,5 juta per hektarnya. Selain nilai ekonomis yang tinggi, tumbuahan ini juga tidak perlu biaya pemeliharaan, hanya cukup di tanaman sekali dan hasilnya bisa dimanfaatkan setiap tahunnya.

 Julukan tananaman Emas hitam ini tak lain adalah Tanaman Porang, karena memilki nilai ekonomis yang tinggi dan sangat menguntungkan bagi masyarakat di Indonesia. Tanamn Porang hidup tegak sebagai tanaman semak di bawah pohon- pohon tinggi atau tumbuhan yang ternaungi. Selain itu dalam pembudidayaannya tumbuhan ini memiliki dua keuntungan dari segi on-farm dan off-farm.


  Ditinjau dari dari segi On-farm (di tempat lahan budidaya) dapat memberikan nilai tambah dari penghasilan kayu, membantu pepohonan untuk menahan bahaya erosi, meningkatkan kesuburan tanah dalam jangka panjang. Dengan adanya tanaman Porang, dapat menghindari tumbuhnya tanaman Alang-alang yang dapat menyebabkan kebakaran hutan karena gesekan alang- alang yang sudah tinggi pada musim kemarau yang berakibat terjadinya percikan api dan menyebabkan kebakaran hutan.

  

  Dari segi Off-farm yaitu masa panen tanaman porang, menghasilkan Umbi yang bernilai ekonomis dan dipasarkan sebagi barang ekspor. Umbi Porang juga dapat diolah menjadi tepung Porang yang bermanfaat dalam berbagai bidang industri kertas, sebagai bahan perekat kertas yang berkualitas tinggi karena dapat mempertahankan daya rekatnya, walaupun dalam kondisi yang beku. Pada bidang mikrobiologi tepung Porang dapat menggantikan fungsi agar-agar atau gelatin. Dibidang Farmasi berguna sebagai bahan pengisi tablet. Pada bidang Pertambangan tepung porang digunakan untuk mengikat mineral yang tersuspensi secara koloidal pada hasil awal penambangan, penjernih air yang berasal dari sungai dan masih banyak fungsi lainnya.

  Selain Dimanfaatkan di banyak bidang industri. Umbi Porang ini juga tak kalah saing dalam hal gizi. Umbi Porang dapat membuat kadar kolesterol menjadi normal, mencegah diabetes, mencegah tekanan darah tinggi serta dapat membantu orang yang mengalami kelebihan berat badan karena umbi Porag rendah lemak, rendah kalori dan kaya akan serat dan mineral.

Sumber bacaan:

Hidayat Ramdan dkk.2013. Tanaman Porang Karakter, manfaat dan Budidaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

http://sains.kompas.com/read/2011/06/17/03400368/Tanaman.Porang.Selamatkan.Hutan.


Sumber gambar:

http://niskalafarm.blogspot.co.id/search?updated-min=2014-01-01T00:00:00%2B07:00&updated-max=2015-01-01T00:00:00%2B07:00&max-results=10

http://informasikesehatan1.blogspot.co.id/2015/09/suweg-namanya-ndeso-tapi-bisa-mengobati.html


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph