EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Pycnonotus melanicterus

07 April 2017 kategori Jurnal

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 724 Kali

Pycnonotus melanicterus adalah burung Cucak Kuning yang masuk kedalam famili Pycnonotidae. Burung ini mempunyai badan yang agak besar, berwarna kekuningan dengan kepala dan jambul warna hitam, tenggorokan ras Sumatra dan Jawa berwarna merah terang, tenggorokan ras Kalimantan berwarna kuning. Tubuh bagian atas hijau kecoklatan, tubuh bagian bawah kuning, mempunyai iris kemerahan, kaki dan paruh berwarna hitam.

Di alam liar burung ini mempunyai kebiasaan tidak suka berpindah-pindah hutan atau bermigrasi ke wilayah lain. Burung ini juga memiliki sifat pemalu, menyukai kerimbunan daun dan pepohonan tinggi di pinggir hutan dan hutan sekunder. Kadang-kadang memakan serangga, tetapi biasanya rajin mencari buah-buahan.

Keunikan dari Pycnonotus melanicterus adalah, jika terdapat satu Pycnonotus melanicterus pada pepohonan disekitar pohon yang dihinggapi, maka di sekitarnya juga akan terdapat burung Pycnonotus melanicterus lainnya. Karena burung ini termasuk burung kicauan yang hidup secara berkelompok dan apabila marah, ia akan menegakkan jambul.


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph