EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Rahasia Dibalik Keunikan Marimo Moss Ball

26 September 2018 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 141 Kali

Rahasia Dibalik Keunikan Marimo Moss Ball

Jika kebingungan menentukan apa yang akan menghiasi akuarium di rumahmu maka Marimo Moss Ball (Aegagropila linnaei) bisa dijadikan alternatif pilihan. Alga yang satu ini memiliki banyak keunikan. Mulai dari bentuknya yang bulat terdiri dari filamen-filamen bulu hijau yang kecil hingga berbagai kebiasaannya yang tak biasa. Kira-kira apa rahasia keunikan Marimo tersebut?

Marimo akan melayang ke permukaan pada saat siang hari namun pada saat malam tiba ia akan menenggelamkan lagi tubuhnya. Menurut peneliti dari University of Bristol hal ini disebabkan oleh proses fotosintesis yang terjadi pada saat siang. Saat berfotosintesis, Marimo akan mengeluarkan gelembung-gelembung oksigen yang dapat mengangkat tubuhnya hingga melayang ke permukaan.

Selain fotosintesis, para peneliti merasa bahwa penyebab lain alga tersebut dapat melayang ke permukaan adalah ritme sirkadian. Hal ini terbukti saat peneliti memberikan beberapa perlakuan cahaya. Hasilnya Marimo melayang ke permukaan jauh lebih cepat jika terdapat cahaya terang bertepatan dengan waktu matahari terbit yang normal dibandingkan dengan waktu lain pada hari yang sama.

Sumber:

https://www.sciencealert.com/marimo-moss-balls-aegagropila-linnaei-float-day-photosynthesis-circadian-rhythm?perpetual=yes&limitstart=1


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2018 All Right Reserved. Design by Paragraph