EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Ratu Daun

27 July 2017 kategori Jurnal

Penulis: Amelia Suberti

Dibaca: 1088 Kali

 Tumbuhan Agloenema dipopulerkan oleh Greogori Garnadi Hambali, sorang penyilang dan pembudidaya Agloenema terbaik di Bogor, bahkan di tingkat mancanegara, hingga dijuluki sebagai bapak Agloenema Indonesia. Ia menciptakan Agloena hibrid berwarna Merah yang diberi nama Pride of Sumatra (Kebanggaan dari Sumatera).

Spesies Aglaonema ini merupakan tanaman dengan julukan Ratu daun. Tumbuhan ini merupakan tubuhan endemik Indonesia diantaranya Agloenema rotundun, Agoenema pictum, dan Agloenema vittatum.

             Agloenema rotundun


Spesies ini merupakan pewaris warna merah dari semua jenis varietas agloenema Rotundun seperti agloenema Tiara, Widuri dan Hot lady yang diciptakan oleh Greg. Aglaoenema rontundun banyak terdapat di Gunung lauser Aceh Tumbuhan ini semakin langka, disebabkan oleh pemburuan untuk diambil indukan jantan oleh para penyilang baik dari lokal maupun luar negeri.

Agloenema pictum


Agloenama jenis ini sering disebut juga dengan nam Sri Rezeki. Tumbuhan ini memiliki bunga yang mekar pada bulan April hingga Agustus. Tumbuhan ini banyak ditemukan di Pulau Sumatra dan Nias

Agloenema vittatum


Spesies ini memilki bunga yang mekar pada bulan juli sampai Agustus dan menghasilkan buah yang berwarna merah. Tumbuhan ini juga terancam kepunahannya. Pasalnya sudah sangat jarang Agloenema jenis ini ditemukan di habitat aslinya yaitu Sumatra dan kepulauan Lingga.

Sumber bacaan:

Redaksi Agromedia. 2006. Pesona Agloenema Indonesia. Jakarta: Agro Media Pustaka

Redaksi Agromedia. 2008. Mencerahkan Daun Aglaonema.Jakarta: Agro Media Pustaka

Sumber gambar:
http://ekoaplu.blogspot.co.id/2010/11/aglaonema.html
https://www.pinterest.com/pin/207939707777391157/
http://rough67.exblog.jp/22818973/

 

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph