EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Rupa Bumi Dilihat Mata Manusia

02 January 2015 kategori Jurnal

Penulis: Bagus Satrio

Dibaca: 1184 Kali

Warriors sekalian pasti pernah melihat foto atau gambar bumi seperti di atas ini? Jika iya, sebetulnya itu adalah penampakan foto bumi hasil editan agar bentuk dan warna bumi terlihat lebih cerah. Tentu saja hal itu dimaksudkan agar bumi terlihat lebih clear secara visual. Tetapi tahukah aganwati bagaimana sesungguhnya bentuk dan warna bumi yang asli sebelum di edit? Yuuk kita lihat foto aslinya seperti di bawah ini:

Bagaimana bumi terlihat jika tanpa filter? Satelit Jepang memotretnya dari jarak 22.240 mil (35,790km) menunjukan bagaimana kondisi bumi yang sebenarnya tanpa ada editan,

Dengan hasil resolusi sangat tinggi menyoroti rincian setiap sudut bumi termasuk awan, lautan dan padang pasir yang sangat luas di Australia.

Dengan menggunakan satelit Himawari-8 yaitu sebuah satelut cuaca milik Jepang yang diluncurkan 7 oktober 2014 mengklaim bahwa gambar yang mereka ambil adalah gambar asli dari bumi pertama yang pernah di ambil.

Selama ini kondisi bumi tidaklah seperti apa yang terlihat di dalam foto, karena foto tersebut sudah terlebih dahulu di edit agar terlihat lebih cerah.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) baru-baru ini merilis foto warna asli pertama di dunia dari Bumi, seperti yang ditangkap oleh salah satu satelitnya. Diluncurkan pada tanggal 7 Oktober 2014, Himawari 8 adalah salah satu dari delapan Himawari satelit geostasioner, dikelola oleh JMA. 

Dibangun oleh Tokyo Mitsubishi Electric yang berbasis di Tokyo, itu adalah yang pertama dari dua model satelit yang dirancang untuk digunakan oleh agen. Tanggung jawabnya meliputi mengumpulkan dan menyampaikan data penting, tentang ramalan cuaca, analisis iklim dan pelacakan siklon tropis, untuk Organisasi Meteorologi Dunia.

Baru-baru ini, JMA meluncurkan gambar besar 11.000 dengan 11.000 pixel dari Bumi, diambil dengan bantuan 16 band satelit pencitraan.

sumber: Source of Thread  (www.wawker.com)


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2020 All Right Reserved. Design by Paragraph