EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Samtama: Agenda Partisipatif Menangani Sampah Jakarta

30 August 2019 kategori Jurnal

Penulis:

Dibaca: 66 Kali

Pak Anies, Gubernur Jakarta mengungkapkan, pengelolaan sampah memerlukan perubahan pola pikir warga. Katanya, perubahan mindset kota bukan hanya sekedar terlihat bersih dan rapi dengan mengirimkan sampahnya ke Bantargebang, tapi mengubah perilaku dalam mengelola sampah. Maka dari itu samtama atau singkatan dari sampah tanggung jawab bersama menjadi menjadi agenda strategis kedepan antar pemprov dengan warga dalam mengurangi dan mengolah sampah rumah tangga. Beliau juga mengatakan pentingnya kegiatan 3R yaitu mengurangi, menggunakan kembali dan mendaur ulang katanya saat memberikan kata sambutan dalam sosialisasi kampung samtama di Balaikota, Sabtu (24/8.

hal tersebut sangatlah penting untuk menimalisir sampah dari aktivitas sehari-hari kita. salah satu ciri masyarakat maju adalah budaya memilah sampah. Mengumpulkan sampah organik dan anorganik untuk dimanfaatkan kembali seperti kompos ataupun produk kreasi yang menarik secara komersil.  

kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok kecil, semua peserta dibagi beberapa kelompok kecil berdasarkan wilayah domisili untuk saling berkenalan dan mengenal lebih jauh tentang isu sampah, dampak dan penanggulangannya secara sederhana.  

Minggu depan akan dilakukan Site visit Bantar Gebang, 31 Agustus 2019, dan rencananya juga ada pelatihan lapangan di masing-masing wilayah yang berpartisipasi dalam Samtama


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph