EN | ID
Ingat saya
JURNAL

Sarang Semut Papua

07 April 2017 kategori Jurnal

Penulis: Ayu Tantri Winna Asmara

Dibaca: 566 Kali

Sarang Semut Papua   

Sarang semut papua yang dimaksud disini adalah tumbuhan epifit yang menempel di pohon-pohon besar yang batang bagian bawahnya menggelembung berisi rongga-rongga yang disediakan sebagai sarang semut jenis tertentu. Tumbuhan ini memang seperti itu, sejak dari biji kecambah batang bagian bawahnya secara progresif menggelembung dengan sendirinya.          

Rongga-rongga itu pada akhirnya akan menarik perhatian semut-semut jenis tertentu untuk datang dan pada akhirnya membentuk koloni di dalamnya, tentunya ada semacam kolaborasi antara tumbuhan tersebut dengan koloni semut. Dalam istilah botani disebut dengan istilah simbosis mutualisme. Artinya, tumbuhan menyediakan hunian serta nutrisi bagi koloni semut tersebut dan sebagai imbalannya semut-sebut tersebut memberikan perlindungan terhadap ancaman herbivora (pemakan tanaman) seperti ulat dan juga menyediakan pupuk organik bagi tanaman dalam bentuk debris (limbah) semut.

Sarang semut Papua bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit seperti kanker dan tumor, menghilangkan benjolan-benjolan abnormal, berbagai gangguan jantung, stroke berat dan ringan, gangguan ginjal dan prostat dan lain sebagainya.


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph