EN | ID
Ingat saya
ARTIKEL

Satu-satunya Pengerat Ompong Asal Sulawesi

07 October 2019 kategori Artikel

Penulis: BW Admin

Dibaca: 41 Kali

Satu-satunya Pengerat Ompong Asal Sulawesi

Sebagai hewan pengerat, tikus selalu suka menggigit apapun yang dijumpai. Bahan makanan, kursi, meja hingga sabun tidak luput dari giginya. Namun di Sulawesi ditemukan tikus ompong. Dia hanya memiliki sepasang gigi seri, atas dan bawah. Tanpa ada taring dan geraham. Lalu bagaimana dia makan?


Namanya Paucidentomys vermidax. Si tikus ompong ini diduga hanya makan cacing atau mangsa bertubuh lunak lainnya. Sebab tidak mungkin baginya memakan kacang atau biji-bijian dengan hanya sepasang gigi. Kondisi P. vermidax sangat unik dan merupakan satu dari 2.200 jenis hewan pengerat.


Habitat P. vermidax adalah hutan primer di dataran tinggi Sulawesi. Dia termasuk satwa endemik yang ditemukan di hutan Gunung Latimojong (Sulawesi Selatan) dan Gunung Gandangdewata (Sulawesi Barat) dimana ketinggian berkisar 1700 – 2400 mdpl.

Baca juga: Siau Scops Owl, Burung yang Terlupakan dari Penghujung Utara Sulawesi


Baru ada tiga ekor tikus ompong yang ditemukan oleh peneliti. Mereka sulit dijumpai karena kondisi habitat bervegetasi padat dengan pohon tinggi rimbun khas hutan primer. Keberadaan mereka belum menghadapi ancaman karena hutan masih jauh dari gangguan manusia.


Referensi: KompasDailymailRoyal SocietyMongabay

 


Bagikan:

Tulis Komentar

Komentar

Biodiversity Warriors Copyright ©2014-2019 All Right Reserved. Design by Paragraph